ADV PDAM Balikpapan Balikpapan

PTMB Imbau Sebaiknya Tampung Air Saat Mengalir

BALIKPAPAN :  Berdasarkan dari pengalaman tahun sebelumnya, pola pemakaian air bersih pada bulan Ramadan cenderung meningkat dibanding hari-hari biasa atau selain bulan Ramadan.

Pada bulan Ramadan pola pemakaian air bersih mengalami pergeseran waktu pemakaian puncak dan ada kecenderungan kuantitas air yg dikonsumsi juga mengalami peningkatan.

 

“Adanya perubahan pemakaian puncak ini disebabkan sebagian besar masyarakat sedang menjalankan ibadah puasa sehingga aktifitas mengolah bahan makanan yang biasa pada pagi hingga siang hari mengalami pergeseran menjadi dua waktu yaitu sore hingga menjelang waktu berbuka dan malam hingga menjelang waktu sahur,” ungkap Supervisor Customer Service Perumda Tirta Manuntung Balikpapan (PTMB) Suryo Hadi Prabowo kepada media ini, Kamis (7/3/2024).

 

Perubahan pola pemakaian air ini juga diikuti dengan perubahan kuantitas atau jumlah air yg dikonsumsi pelanggan dimana di waktu yang bersamaan para pelanggan menggunakan air sehingga beban pelayanan mengalami peningkatan dan berdampak kepada kontinuitas aliran air. 

 

” Biasanya di luar bulan Ramadan pemakaian puncak terjadi pada pagi hari mulai sekitar pukul 05.00 -09.00 dan pada sore hari mulai sekitar pukul 16.00 – 20.00. Dan pada saat bulan Ramadan, pemakaian pucak air bersih biasanya terjadi lebih awal yakni pada saat dini hari menjelang waktu sahur sekitar pukul 02.00 – 06.00 dan pada sore hari sekitar pukul 15.00 – 20.00,” tambahnya.

 

Saat ini pelanggan masih menyoroti tentang pelayanan air bersih khususnya pendistribusian air di daerah-daerah yang berada di dataran tinggi sehingga pendistribusian tidak maksimal pada pelanggan tersebut PTMB akan melakukan terobosan baru dan upaya-upaya tindakan pengendalian agar pelanggan dapat menikmati layanan air bersih. 

“PTMB akan melakukan terobosan baru serta upaya dalam pengendalian agar pelanggan dapat menikmati layanan air bersih. yang pertama PTMB akan bekerjasama dengan dinas DLH dinas pemadam dalam penambahan unit tangki air,” terangnya

Ada satu program yang kami masih usulkan semoga di bulan Ramadhan dapat terealisasi yakni kami akan bekerjasama dengan penjual air tandon yang berkapasitas 1200 liter dan langkah ini juga dapat mengurangi komplain dari masyarakat yang tidak teraliri air bersih PTMB.



“Program kerjasama dengan penjual air tandonyang berkapasitas 1200 liter ini, harganya sangat terjangkau yakni berkisar dari Rp.20 ribu hingga Rp.25 ribu. Semoga ini semua dapat membantu masyarakat Kota Balikpapan,” kata suryo.

Kami berharap kepada pelanggan terutama yang tinggal di daerah perbukitan atau berada di ketinggian yang aliran airnya tidak normal untuk menyiapkan tampungan air guna menampung dan menyimpan air saat mengalir selama Ramadan dan bijak dalam menggunakan air,” pungkasnya. (Man)

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *