ADV PDAM Balikpapan Balikpapan

Sambut Ramadhan, PTMB Siap Penuhi Kebutuhan Air Bersih

BALIKPAPAN : Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1445 Hijriah, Perumda Tirta Manuntung Balikpapan (PTMB) terus berupaya agar distribusi air kepada masyarakat kota Balikpapan dapat berjalan dengan normal, sehingga masyarakat yang menjalankan ibadah puasa dapat beribadah dengan maksimal.

Direktur Umum PTMB Purnamawati mengatakan, pihaknya akan menyiapkan berbagai opsi agar masyarakat Kota Balikpapan tidak kekurangan air selama menjalankan ibadah puasa. Tentu kami berharap level ketinggian air Waduk, baik waduk Manggar maupun bendungan tritip ada di batas normal.

“Kami terus berupaya agar produksi distribusi air dapat berjalan normal, dengan catatan curah terus meningkat, apabila curah hujan menurun maka sistem distribusi air masih tetap bergiliran,” ungkapnya kepada media ini pada Senin (4/3/2024).

Produksi Waduk  dibuat perubahan dalam pengaturan yang semula 100:50 yaitu 3 hari: 1 hari dibuat rata rata konstan dengan pola terus menerus rata. Yaitu 350 dibagi 3 menjadi 87,5 persen sampai dengan 90 persen. Hingga level waduk normal seperti sediakala.

Perlu di Keta kapasitas terpasang di IPA Km 08 : 500 l per detik..iPA Kp Damai 460 l per detik.. IPA Teritip 200 l per detik,” jelasnya.

Di samping itu, PTMB juga terus melayani pembelian air melalui tangki, dan kami merencanakan akan menambah armada tanki dengan meminjam dari DLH kota Balikpapan,serta menyewa mobil kecil yang memuat tandon dari swasta dengan diberi mark bahwa itu dari PTMB.

“PTMB juga terus melayani pembelian air melalui tangki mengingat kondisi produksi air kita memang belum normal,Pelanggan tinggal kontak kami untuk pengantaran airnya,” ucapnya.

Untuk saat ini pihaknya tidak bisa melakukan penambahan sambungan rumah (SR) baru. Percuma kami menambah SR, tetapi tidak ada air yang didistribusikan ke pelanggan.

Jadi yang terpenting memenuhi air baku dulu baru bisa membahas penambahan SR. Kebutuhan pemakaian air di bulan ramadhan akan lebih besar, sebaiknya masyarakat yang mempunyai tandon untuk menampung air saat mengalir selama Ramadan, kami menghimbau kepada masyarakat untuk berhemat dan gunakan air seperlunya,”pungkasnya.(mid)

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *