Balikpapan HEADLINE

Kabid Humas Polda Kaltim Kunjungi PWI Balikpapan



Balikpapan –   Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Kombes Pol Artanto mengunjungi kantor Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Balikpapan. Kunjungan ini dimaksudkan untuk mempererat hubungan tali silaturahmi Polda Kaltim dangan wartawan yang merupakan mitra polisi.

Kedatangan Kabid Humas Polda Kaltim disambut langsung  Ketua PWI Kota Balikpapan Debi, Dewan Pembina PWI Kota  Balikpapan Sumarsono, Ketua SIWO PWI Kota Balikpapan, Teguh Suwito dan  anggota PWI Kota Balikpapan.

“Jadi tidak ada perubahan, kami melanjutkan kinerja Kabid Humas sebelumnya, tapi bila ada yang perlu dilakukan perbaikan akan kami benahi,” kata Kabid Humas Polda Kaltim, Kamis (15/2/2024).

Artanto menambahkan, pihaknya akan melakukan perbaikan, terutama membangun hubungan emosi dengan rekan wartawan selaku mitra dari Humas Polda Kaltim.

“Ini agar mereka tidak segan bila mereka ingin berkomunikasi dengan saya, kalau saya di telpon tidak merespon mungkin saya sedang ada kegiatan, tapi pasti saya jawab,”  ungkap Artanto.

Seperti yang dilakukan hari ini, rombongan Bid Humas Polda Kaltim menyambangi kantor PWI Balikpapan di Jalan R.E Martadinata, Kelurahan Telaga Sari, Kecamatan Balikpapan Kota. Bersama rekan wartawan Kabid Humas ngobrol bareng di kafe yang ada di halaman kantor PWI.

“Saya selaku orang baru disini wajib menjalin silaturahmi dengan wartawan, karena rekan wartawan ini saya anggap sebagai mitra kerja,,” tuturnya.

Kombes Pol Artanto mulai menjabat sebagai Kabid Humas Polda Kaltim setelah melakukan  Serah terima Jabatan (Sertijab) dari Kombes Pol Yusuf Sutejo yang dipimpin langsung  Kapolda Kaltim Irjen Pol Nanang Avianto di Gedung Mahakam Polda Kaltim awal Februari lalu.

Kombes Pol Artanto yang sebelumnya bertugas di Polda Nusa Tenggara Barat (NTB) menggantikan Kabid Humas Kombes Pol Yusuf Sutejo yang bergeser ke Anjak Penmas Divisi Humas Polri.

Lanjut Artanto, hubungan wartawan dengan humas itu bak simbiosis mutualisme atau saling membutuhkan. Dalam hal ini, kebutuhan untuk memberikan informasi kepada masyarakat.

“Saya harap ini terjalin dan saya ingin terus berkomunikasi dengan rekan-rekan wartawan, mau itu di Balikpapan maupun daerah lainnya di kaltim,” harapnya.

Artanto juga berencana untuk mengupayakan menjumpai rekan-rekan wartawan yang ada di Kabupaten atau Kota lainnya di Kalimantan Timur.

Kemudian, kata Artanto perbaikan berikutnya adalah dari Humas Polda Kaltim berupaya maksimal untuk memberikan pelayanan terbaik ke rekan-rekan wartawan.

“Kami kedepannya tidak hanya menyediakan artikel dan foto, tapi kami juga berupaya menyajikan visual berupa video, karena kan zaman sekolah itu video audio dan narasi itu kan satu paket,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua PWI Kota Balikpapan Debi menyambut baik kedatangan Kabid Humas di markas PWI Balikpapan.

Menurutnya, apa yang dilakukan oleh Kabid Humas Polda Kaltim ini merupakan hal yang positif untuk memberikan pelayanan terbaik ke wartawan yang juga akan menyebar luaskan pemberitaan itu ke masyarakat.

“Kami tentu butuh keterangan pihak kepolisian agar pemberitaan kami itu tidak menjadi bola liar di masyarakat,” ungkapnya.

Menurutnya, komentar dari pihak kepolisian itu merupakan kunci dari segala pemberitaan yang berkaitan dengan instansi Polri.

“Seperti halnya berita kejadian, karena kan mereka yang turun menangani itu, maka informasi valid berarti di mereka,” tuturnya.

Kemudian terkait visual Kata Debi hal itu juga sangat bermanfaat khususnya untuk rekan-rekan wartawan televisi yang sangat membutuhkan visual.

Debi berharap pertemuan ini menjadi awal untuk membangun sinergitas antara wartawan dengan Polri lebih solid lagi.

“Kedepannya, kami akan berkunjung balik ke Humas Polda Kaltim sebagai wujud sinergitas yang terjalin cukup baik,” tutupnya.

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *