ADV DPRD PPU Penajam Paser Utara

DPRD PPU Dorong Pemajuan IPTEK Melalui FGD Rencana Induk 2025-2029

PPU – DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) kembali menegaskan komitmennya dalam mendukung pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) di daerah. Dukungan ini disampaikan dalam Forum Group Discussion (FGD) tentang penyusunan Rencana Induk dan Peta Jalan Pemajuan IPTEK Daerah Tahun 2025-2029.

Dalam kesempatan tersebut, DPRD PPU yang diwakili oleh pimpinan dan beberapa anggotanya menekankan pentingnya sinergi antara pemerintah daerah, akademisi, pelaku usaha, dan masyarakat dalam mendorong pembangunan berbasis IPTEK di Kabupaten PPU.

“Pengembangan IPTEK bukan hanya tanggung jawab pemerintah, tetapi merupakan kerja kolektif. DPRD PPU akan terus berperan aktif dalam menciptakan kebijakan yang mendukung perkembangan riset dan inovasi di daerah,” jelas Ketua DPRD PPU, Raup Muin, Senin (7/10/2024).

DPRD PPU juga menyoroti pentingnya inovasi berbasis teknologi pada produk unggulan daerah seperti padi, ikan, serta kelapa sawit, guna meningkatkan daya saing daerah di masa mendatang.

“Kita harus berpikir strategis. Kabupaten PPU memiliki potensi besar untuk menjadi pusat inovasi di Kalimantan Timur, terutama dengan hadirnya Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Pengembangan produk unggulan berbasis teknologi akan menjadi langkah penting,” tambah salah seorang anggota DPRD.

Penjabat Bupati PPU, Zainal Arifin, dalam kesempatan yang sama, menegaskan pentingnya dukungan penuh terhadap IPTEK, baik melalui anggaran maupun kerja sama lintas sektor.

“Saya optimistis dengan komitmen yang ada, Kabupaten PPU akan menjadi daerah strategis dalam mendukung keberhasilan IKN Nusantara serta menjadi wilayah berbasis riset dan inovasi tinggi,” jelas Zainal.