ADV DPRD BALIKPAPAN 2024 Balikpapan

Dewan Dukung Kemudahan Pengurusan PGB Masyarakat Menengah Ke Bawah

Balikpapan – Pemerintah Kota Balikpapan membuat terobosan dalam mempermudah masyarakat menengah ke bawah dalam mengurus Persetujuan Bangunan Gedung (PBG).

Masyarakat hanya perlu mendownload template desain rumah yang sudah disediakan, tanpa perlu ke konsultan terlebih dahulu.

“Jadi kalau warga mau mengambil contoh rumah itu tidak perlu pakai konsultan lagi, template gambarnya sudah ada, konstruksi, sudah ada sudah lengkap semuanya,” katanya Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Balikpapan Hasbullah Helmi, Kamis (6/6/2024).

Menurut Helmi, template gambar yang disediakan adalah untuk rumah-rumah sederhana dari tipe 36, 54, hingga 70.

Masyarakat bisa mengambil itu saja sehingga saying  sehingga bisa lebih cepat diurus pbg-nya. 

Hal ini merupakan salah satu contoh perubahan yang buat untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat. Dan hal ini sedang  dilakukan uji coba.

“Kita sudah sepakat, untuk sekarang memang warga harus ke kantor PU untuk meminta template, selanjutnya nanti kita anggap baru di website DPMPTSP, jadi masyarakat nanti tinggal download,” ucapnya.

Sementara itu, Anggota Komisi I DPRD Kota Balikpapan Iwan Wahyudi yang turut hadir dalam talkshow, menyampaikan, bahwa hal ini merupakan terobosan yang sangat bagus dan menjawab apa yang sering disampaikan pada saat melaksanakan RDP (Rapat Dengar Pendapat).

“Artinya mereka sudah melakukan pergerakan, dalam hal ini membantu masyarakat, khususnya bagi masyarakat yang menengah ke bawah, yang tidak memiliki kemampuan untuk membiayai konsultan dan sebagainya. Harapan kami kedepan Dinas perijinan bisa membuatkan helpdesk,”  tuturnya.

(ADV)

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *