Balikpapan HEADLINE kesehatan Teknologi

Grebeg Housekeeping: Cara PT KPB Rangkul Pekerja Proyek RDMP Balikpapan Gotong Royong Ciptakan Area Kerja yang Bersih, Aman, dan Nyaman


Balikpapan, 18 Mei 2024 – Sebagai perusahaan energi, PT Kilang Pertamina Balikpapan (PT KPB) sangat mengedepankan aspek keselamatan dan kesehatan kerja (K3) dalam menjalankan semua kegiatan operasional perusahaan. Keberadaan pekerja di dalam sebuah perusahaan energi menjadi aset yang paling penting, oleh karenanya pada Sabtu (18/05) pagi berlangsung program Grebeg Housekeeping yang diselenggarakan di Area Kilang Proyek RDMP Balikpapan. Grebeg Housekeeping merupakan kegiatan gotong royong secara serentak membersihkan area kerja, di mana seluruh pekerja berpartisipasi aktif untuk menjaga kebersihan dan keselamatan lingkungan kerja mereka.

Dengan mengusung tema Good House Keeping, Good Safety, and Good Start Up Operation!, program ini diikuti oleh 950 pekerja PT KPB dan Kontraktor RDMP Balikpapan JO. Grebeg Housekeeping bertujuan untuk mewujudkan area kerja yang ringkas, rapi,resik, rajin, dan rawat (5R) serta menciptakan area kerja yang memenuhi standar keselamatan untuk bekerja. Sesuai dengan taglinenya yaitu “Mari Ciptakan Area Kerja yang Bersih, Aman & Nyaman Agar Pekerja Selamat, Produksi pun Meningkat!”

Fungsi HSSE PT KPB menginisiasi Program Grebeg Housekeeping sebagai bagian dari 12 Program Sustaining Safety Culture PT KPB. Kegiatan dimulai dengan Toolbox Meeting (TBM), yaitu pertemuan rutin antara pekerja proyek dan pengawas pekerjaan untuk membahas potensi bahaya serta pesan keselamatan di lokasi pekerjaan. Setelah itu, para pekerja proyek secara serentak membersihkan area kerja masing-masing.

Kegiatan disambut antusiasme yang sangat tinggi dari pekerja karena menjadi momentum untuk bergotong royong membersihkan area kerja. Mereka berhasil mengumpulkan berbagai jenis sampah seperti plastik, kertas, potongan kayu, paku bekas, kawat bekas, dan sisa makanan. Kegiatan ini semakin menarik ketika sampah yang telah dikumpulkan oleh setiap pekerja bisa ditukarkan dengan soft drink dan undian doorprize.
Direktur Utama PT KPB, Bambang Harimurti turut serta menjadi bagian dari program ini. Didampingi VP HSSE dan jajaran Manajement PT KPB lainnya, ia menyampaikan rasa bangga terhadap antusiasme para pekerja yang turut serta memeriahkan program ini dan selalu mengutamakan aspek safety di lingkungan kerja, “Terimakasih telah hadir dan memeriahkan kegiatan Grebek Housekeeping ini, mohon kepada seluruh pekerja agar selalu mengutamakan aspek safety dalam setiap pekerjaan dengan menggunakan alat pelindung diri (APD) yang lengkap dan selalu menjaga kesehatan”, ujarnya penuh semangat dihadapan ratusan pekerja.

( MAN)

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *