Balikpapan Ekonomi HEADLINE

Pertamina Patra Niaga Sidak 4 Pangkalan LPG 3 Kg Subsidi

 Balikpapan  – Pertamina Patra Niaga bersama  Dinas Perdagangan, bagian perekonomian dan Hiswana Migas Balikpapan melakukan inspeksi mendadak ke sejumlah tempat usaha. 

Sidak ini bertujuan untuk memastikan distribusi LPG 3 kg subsidi tepat sasaran di kota Balikpapan.  Sidak kali ini dilakukan di empat pangkalan LPG 3 kg di kawasan kelurahan Gunung Sari Ilir Balikpapan Tengah, Jumat (06/09/2024)

“Sidak yang dilakukan  Pertamina Patra Niaga ini,untuk memastikan LPG 3 kg subsidi tepat sasaran dan diperuntukan bagi warga kurang mampu,” tegas Executive GM Patra Niaga Kalimantan Alexander Susilo.

Lanjut Alexander, Pertamina dan Pemerintah Daerah (Pemda) berkewajiban sama-sama mengawal program subsidi itu tepat sasaran.Adapun sidak ini dilakukan secara berkala oleh sales, dan ada kalangan di sidak langsung oleh manajer yang turun langsung kelapangan.

“Dalam sidak kali ini tidak ditemukan adanya pangkalan  yang menjual harga diluar HET. Namun dipastikan setiap pangkalan memasang plang harga eceran tertinggi (HET) yakni Rp 19 ribu per tabung ukuran 3 kg.” tegasnya.

Alexander mengaku, dari 15.000 mitra pangkalan LPG 3 kg subsidi di Kalimantan, diakui sebanyak 67 izin pangkalan LPG 3 kg subsidi tahun 2024 ini, dicabut dikarenakan tidak tepat sasaran. Adapun permasalahanya pangkalan melanggar dengan menyalurkan kepada pengecer di atas Harga Eceran Tertinggi (HET) atau pelanggaran pada pencatatan subsidi.

“Agar pelanggaran dapat ditindak dan diawasi, maka sejak tahun 2023 lalu. Patra Niaga Kalimantan telah menerapkan pendataan pembeli gas LPG 3 kg melalui aplikasi Merchant APPS yakni subsidi tepat pangkalan pertamina.” Tegasnya.

Alexander menambahkan, dengan adanya aplikasi Merchant APPS, seluruh data pembeli ada dalam suatu sistem. Sehingga semua pangkalan wajib memiliki aplikasi tersebut.sehingga pangkalan sudah mengenal pembelinya dan mengetahui data pembeli melalui merchant Apps. Berdasarkan data di Kalimantan, Pertamina memiliki mitra pangkalan LPG 3 kg subsidi sebanyak 15 ribu,  sedangkan di Balikpapan berjumlah sekitar 700 pangkalan.

“Bagi pangkalan yang melanggar akan diberikan sanksi tegas dengan menutup pangkalan tersebut,” tegasnya.

(abe)