Balikpapan HEADLINE Pendidikan

Mudahkan Orang Tua, Disdikbud Balikpapan Siapkan Layanan Help Desk


Balikpapan – Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Balikpapan membuka pelayanan help desk kepada orang tua calon peserta penerimaan peserta didik baru (PPDB) yang masih terkendala dalam mengikuti prosedur PPDB yang digelar secara daring/online.

“Desk layanan itu, agar masyarakat yang kebingungan ada tempat dimana dia harus bertanya untuk mendapatkan informasi terkait PPDB di Balikpapan,” kata Kepala Disdikbud, Irfan Taufiq, Senin (24/6).

Irfan menyebutkan, desk layanan itu sudah dibuka oleh DIsdikbud sejak lima hari yang lalu, atau tepatnya sejak 19 Juni. Di desk layanan, Disdikbud menyiapkan tim humas untuk masyarakat yang ingin menanyakan baik itu persyaratan, cara mengirim data dan lainnya.

Irfan mengemukakan, desk layanan ini akan dibuka selama berlangsungnya PPDB, yang dimulai sejak pukul 08.00 wita hingga 16.30 wita.

“Jadi layanan itu kami buka selama jam kerja,” ungkapnya.

Irfan juga mengatakan saat ini untuk PPDB sudah berada di depan mata, maka persiapan harus lebih matang disiapkan salah satunya adalah desk layanan tersebut yang sampai sejauh ini diklaim cukup lancar.

Namun kata Irfan yang perlu diwaspadai dalam PPDB ini adalah kendala jaringan mengingat proses PPDB melalui dalam jaringan (daring).

“Maka kami menyiapkan beberapa provider (penyelenggara jasa internet) sebagai langkah antisipasi,” tuturnya.

Kemudian lanjut Irfan, yang lebih gawat lagi bila terjadi gangguan server yang tentu bisa menjadi masalah pada proses PPDB, oleh sebab itu Disdikbud yang bekerja sama dengan PT Telkom terus berupaya agar server tidak terkendala.

“Secara teknis untuk server tidak pernah ada kendala yang cukup berarti, biasanya hanya jaringan internet ke server berjalan lambat akibat banyak yang mengakses, jadi kudu bersabar,” jelasnya.
(Man)