ADV DPRD BALIKPAPAN 2024 Balikpapan

Pemkot Belum Fokus Kembangkan Pariwisata 

Balikpapan – Anggota Komisi II DPRD Kota Balikpapan Taufik Qul Rahman menilai Pemerintah Kota belum fokus dalam pengembangan pariwisata.

Menurutnya, dari sejumlah program yang ada dalam penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMD) Kota Balikpapan. Sejumlah rencana pengembangan sektor pariwisata masih fokus terhadap upaya menarik minat wisatawan lokal.

“Untuk saat ini memang kita hanya mampu untuk menarik minat wisatawan lokal tidak mampu untuk menarik wisatawan internasional seperti di Pulau Bali dan Lombok karena kepala daerah di wilayah tersebut fokus untuk pengembangan wisata,” ujarnya kepada wartawan, Senin (15/5/2024).

Ia menjelaskan, pada dasarnya kota Balikpapan memiliki banyak potensi untuk pengembangan pariwisata namun program-program yang direncanakan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda)  yang dimasukkan dalam  RPJMD tidak ada reposisi untuk memfokuskan dan menarik wisatawan luar untuk ke kota Balikpapan. 

Program-program yang direncanakan hanya dilakukan untuk menarik minat wisatawan lokal. Yang sebagian besar wisatawannya hanya berasal dari kota Samarinda kalaupun paling jauh Kota Bontang. 

“Kalau ada perbaikan fasilitas yang dilakukan, hal itu wajar untuk menarik wisatawan,” ungkapnya.

(ADV)

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *