Balikpapan Penajam Paser Utara

Akselerasi Bangun Infrastruktur Kelistrikan IKN, PLN Kolaborasi dengan Kementerian ESDM

Balikpapan – Untuk mempercepat persiapan infrastruktur kelistrikan jelang pelaksanaan Upacara kemerdekaan perdana di Ibu Kota Nusantara (IKN), Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan (DJK) bersama PLN melakukan Rapat Koordinasi progress kelistrikan IKN pada Selasa (30/04)

Direktur Jendral DJK Jisman P. Hutajulu yang memimpin rapat menjelaskan persiapan infrastruktur kelistrikan dari hulu ke hilir harus didetailkan agar mitigasi resiko terhadap permasalahan yang muncul bisa segera diakomodir. “Harapannya kesiapan listrik sebagai salah satu infrastruktur pendukung utama terbentuknya IKN bisa segera dimatangkan sesuai dengan konsep yang diusung IKN, oleh karena itu setiap permasalahan yang muncul terkait teknis dan standarisasi yang digunakan bisa kita bahas bersama untuk dikoordinasikan dengan kementrian ataupun bidang terkait,” ungkap Jisman.

Direktur Distribusi PT PLN (Persero) Adi Priyanto yang turut hadir dalam rapat koordinasi tersebut menjelaskan bahwa pihaknya baik melalui PLN Kantor Pusat maupun Unit PLN yang berada dilapangan sudah berkoordinasi dengan intens dengan pihak terkait seperti OIKN maupun PUPR untuk memastikan perencanaan distribusi kelistrikannya sesuai dengan masterplan pembangunan IKN. ” kesiapan kelstrikan di IKN kami jabarkan menjadi 3 stream yaitu dari sisi pembangkit, transmisi hingga muaranya di distribusi listrik. Perencanaan infrastruktur kelistrikan yang disusun juga sudah mengakomodir konsep Forest City yang diusung IKN yang mengedepankan energi hijau sebagai support Utama dan didukung teknologi kelistrikan terkini. Oleh karena itu kami terus berkoordinasi dengan pihak terkait agar standarisasi kelistrikan yang kami susun bisa selaras dengan grand design pembangunan IKN,” tutur Adi.

Disisi lain General Manager PLN UID Kaltimra Agung Murdifi menyampaikan saat ini skema kesiapan kelistrikan mulai dari kecukupan daya hingga sop pengamanan kelistrikan sudah disiapkan PLN guna menyambut event event yang ada di IKN termasuk Perayaaan Upacara kemerdekaan.” Untuk persiapan agustus nanti, Kami tentunya sudah menyiapkan segala sesuatunya untuk mendukung suksesnya momen bersejarah upacara kemerdekaan di IKN nanti. Skema pengamanan kelistrikan yang digunakan juga tidak jauh berbeda dengan event groundbreaking yang sudah sering dilakukan di IKN tetapi dengan sop yang lebih ketat dan jumlah personil siaga yang akan kami tambahkan,” tutur Agung.

Kegiatan Rapat Koordinasi antara DJK dan PLN kemudian ditutup dengan kunjungan lapangan untuk melihat progress pembangkitan, gardu Induk dan jaringan distribusi di lokasi IKN.

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *