Balikpapan HEADLINE

Bandara Sams Sepinggan Membuka Posko Terpadu Angkutan Udara Lebaran 2024


Balikpapan,Rubriknusantara.com – PT Angkasa Pura I  membuka Posko Terpadu Angkutan Udara Lebaran Tahun 2024/1445 Hijriyah. Hal ini bertujuan, guna memberikan keamanan dan kenyamanan pengguna jasa di Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan pada arus mudik dan balik Lebaran Tahun 2024 (1445 H),

Pembukaan posko diawali dengan Apel Pembukaan Posko Terpadu Angkutan Udara Lebaran Tahun 2024, yang dipimpin oleh General Manager Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman(SAMS) Sepinggan. Apel tersebut di ikuti oleh Otoritas Bandara Wilayah VII, Kadis Perhubungan Pemerintah Kota Balikpapan, Perwakilan Danlanud Dhomber Balikpapan, Perwakilan Kodim 0905 Balikpapan, Kepala Polisi Sektor Wilayah Bandara Sepinggan, General Manager Perum LPPNPI Balikpapan, Perwakilan Kepala Kantor SAR Nasional Balikpapan, Kepala Stasiun BMKG Balikpapan, Perwakilan Kepala KKP, para Station Manager Airlines, dan Branch Manager Anak Perusahaan PT Angkasa Pura I.

General Manager Bandara SAMS Sepinggan dalam sambutannya mengatakan, “ sesuai dengan Instruksi Direktur Jenderal Perhubungan Udara Nomor : IR 01 Tahun 2024, bahwa selama periode Lebaran wajib dibentuk Posko Pengendalian Angkutan Udara oleh Penyelenggara Bandar Udara” ucapnya.

Penyelenggaraan Posko Terpadu Angkutan Udara Lebaran Tahun 2024 dilaksanakan selama 16 hari yaitu tanggal 3 April sampai dengan 18 April 2024.

Posko Terpadu Angkutan Udara Lebaran ini bertujuan untuk memastikan keselamatan, keamanan, kelancaran, ketertiban, dan kenyamanan penumpang baik yang datang maupun berangkat melalui Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan.

Menurut Syaugi, “prediksi puncak arus mudik pada tanggal 5 April 2024 dengan perkiraan 20.282 penumpang dan puncak arus balik pada tanggal 15 April 2024 dengan penumpang 20.953 penumpang”.

“Lebaran tahun ini diprediksi jumlah pesawat akan tumbuh positif sekitar 9% yakni 2.528 pesawat dan penumpang tumbuh 13 % atau sebanyak 279.009 penumpang”, ungkap Syaugi.

Selama itu pihak bandara mengoptimalkan sistem keamanan Bandar Udara dan keamanan penerbangan, mengoptimalkan fasilitas dan personil, serta memastikan kelancaran pelayanan kepada penumpang sesuai standar layanan Bandar Udara.

Lebih lanjut Syaugi berharap dengan dibukanya Posko Terpadu Angkutan Udara Lebaran tahun 2024 semoga dapat terlaksana dengan baik sehingga dapat terwujud keselamatan, keamanan, kelancaran, ketertiban dan kenyamanan penumpang.

Sebagai informasi arus mudik Lebaran tahun 2023 lalu tercatat sebanyak 2.314 pesawat dan 247.585 penumpang datang dan berangkat melalu Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan.

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *