Balikpapan HEADLINE KPB 2024

Bangga Pada Pertamina, Wakil Menteri BUMN Republik Indonesia Pimpin Upacara HUT ke-79 RI di Kilang Balikpapan



Balikpapan, 17 Agustus 2024 – Pertamina melalui PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan dan PT Kilang Pertamina Balikpapan (KPB) menggelar Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-79. Upacara Kemerdekaan ini dilaksanakan di Halaman Kantor Besar PT KPI Unit Balikpapan. Upacara Peringatan Proklamasi ke-79 di Kilang Balikpapan tahun ini menjadi istimewa karena upacara turut dihadiri oleh Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) RI, Kartika Wirjoatmodjo.

Tiko panggilan akrab Kartika, menyampaikan rasa syukurnya dapat melaksanakan upacara peringatan HUT RI ke-79 di Kilang Balikpapan. “Saya senang sekali semuanya semangat. Semua pegawai Pertamina terlihat ceria mengikuti perayaan kemerdekaan dan saya bangga bisa bersama Pertamina di ulang tahun Republik Indonesia. Merdeka!,” ujar Kartika.

Upacara terlaksana dengan hikmat diikuti Direksi, Manajemen serta Pekerja PT KPI unit Balikpapan dan KPB, rombongan tim Kementerian BUMN, Persatuan Wanita Patra (PWP) hingga Perhimpunan Pensiunan Pertamina (HIMPANA). Lokasi upacara juga dipenuhi dengan gerai Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang berasal dari Mitra Binaan PT KPI Unit Balikpapan yang juga bekerja sama dengan Rumah BUMN.

Tiko juga menyampaikan harapannya agar pembangunan kilang dapat berjalan lancar sehingga Pertamina dapat terus mendukung Ketahanan Energi Nasional. “Semangat terus semoga pembangunan kilang segera terselesaikan dan terus berjuang untuk Indonesia yang lebih baik untuk ketahanan energi nasional,” tambah Tiko.

Selaras dengan tema HUT RI ke-79 tahun ini Nusantara Baru Indonesia Maju, juga menjadi bentuk komitmen Pertamina untuk selalu hadir dalam menyediakan energi bagi bangsa agar Indonesia bangkit lebih kuat. Semangat kemerdekaan ini diharapkan menjadi momentum merekatkan persatuan dan kesatuan seluruh masyarakat Indonesia.

Direktur Keuangan PT Pertamina (Persero), Emma Sri Martini menyampaikan harapannya agar perayaan HUT RI dapat memupuk semangat energi untuk seluruh insan Pertamina. “Hari ini kita merayakan HUT RI ke-79 di Kilang Pertamina Unit Balikpapan. Kita semua harus mengisi peringatan Kemerdekaan yang ke-79 ini dengan semangat energi untuk membangun negeri. Dengan pembangunan ekonomi yang berkelanjutan dan tentunya Pertamina dengan semangat Energizing You terus membangun negeri ini. Semangat untuk seluruh Perwira Pertamina membangun negeri dengan sepenuh jiwa raga,” tutup Emma.

Pertamina melalui Proyek Refinery Development Master Plan (RDMP) tengah mengebut penyelesaian proyek pengembangan Kilang Balikpapan. Proyek ini bakal jadi tumpuan Indonesia untuk meningkatkan kapasitas pengolahan kilang sebesar 100 ribu barel per hari, sekaligus memproduksi bahan bakar minyak rendah sulfur berstandar Euro 5 serta meningkatkan kompleksitas kilang untuk meningkatkan efisiensi operasional dan memperluas jangkauan produk. Penyelesaian proyek ini diharapkan mampu berkontribusi untuk mewujudkan ketahanan, kemandirian, dan kedaulatan energi nasional.